Hay frend, gimana udah pada punya rencana buat nerusin ke perguruan tinggi belum??????
Mau masuk ke perguruan tinggi swasta atau negeri,
atau malah mau masuk ke akademi??????
Udah tahu kelebihan dan kekurangan dari masing-masing perguruan tinggi diatas blm,
jangan sampai salah pilih lho!!!!!!!
ni ada tulisan yang sangat menarik bagi kalian-kalian yang akan meneruskan ke perguruana tinggi..

 Sukses Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi


    1.  Bentuk-bentuk Perguruan Tinggi
   Sebelum menetukan lembaga pendidikan lanjutan/perguruan tinggi yang akan dipilih, perlu mengetahui terlebih dahulu tentang batasan dan bentuk-bentuk perguruan tinggi di Indonesia agar tidak salah dalam menentukan pilihan. Perguruan Tinggi adalah satuan pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan tinggi dan dapat berbentuk Akedemi, Politeknik, Sekolah Tinggi, Institut, dan Universitas
.
a.    Universitas
Adalah suatu Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan program akademik dan profesional yang beragam dan dikelompokan dalam fakultas-fakultas.



b.    Institut
Adalah suatu perguruan tinggi yang menyelenggarakan program pendidikan akademik atau profesional dalam sekelompok disiplin ilmu pengetahuan, teknologi, dan kesenian yang sejenis
.

c.    Sekolah Tinggi
Adalah suatu perguruan Tinggi yang program  Menyelenggarakan pendidikan akademik dan profesional dalam lingkup satu disiplin ilmu  tertentu.
















d.    Akademi
Adalah Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan program pendidikan profesional dalam satu cabang ilmu pengatahuan, teknologi atau kesenian tertentu.











e.    Politeknik
Adalah serupa dengan akademi, menyelenggarakan program pendidikan profesionala dalam sejumlah bidang pengetahuan khusus. Bedanya dibandingkan dengan akademik, politeknik memberikan porsi lebih besar pada praktik.







2.      Struktur pendidikan
Struktur pendidikan tertinggi di Indonesia terdiri dari dua jalur pendidikan, yaitu:
a.     Pendidikan akademik
b.    Pendidikan profesional
Pendidikan akademik adalah pendidikan tinggi yang di arahkan terutama pada penguaaan ilmu pengetahuan dan pengembangannya, dan lebih mengutamakan peningkatan mutu serta memeperluas wawasan dan ilmu pengetahuan, pendidikan akademik di selenggarakan oleh sekolah tinggi, Institut dan Universitas.
Pendidikan profesional adalah pendidikan tinggi yang di arahkan terutama pada kesiapan keahlian tertentu, serta menggunakan peningkatan kemampuan/keterampilan kerja atau menekankan pada aplikasi ilmu dan teknologi.
3.      Cara memilih program studi/jurusan
Memilih jurusan bukan urusan yang mudah dan bukan persoalan yang sederhana. Banyak faktor yang harus diperhitungkan dan dipikirkan secara benar. Dasar dalam pemilihan program studi mengacu pada faktor akademik dan non akademik, prinsip dasar yang harus diperhatikan dalam memilih program studi/jurusan antara lain :
1.)    Akademik
a.       Pengertian Tentang Program Studi/jurusan
b.      Kemampuan Akademik Siswa
2.)    Non Akademik
a.       Menyesuaikan Cita-cita, Minat dan Bakat
b.      Faktor dan Variabel Pendukung


4.      Cara Menetapkan Pilihan Perguruan Tinggi
a.       Reputasi
Reputasi Perguruan Tinggi yang akan dipilih dapar dijadikan dasar dalam menentukan pilihan. Baik buruknya reputasi perguruan Tinggi dikalangan akademis biasanya sangat tergantung dari kualitas lulusan, metode pengajaran, dosen-dosen pembimbing, sarana belajar mengajar dan fasilitas yang dimiliki oleh lembaga tersebut.
b.      Metode dan persentase pembelajaran
Metode dan persentase pembelajaran penting diketahui, karena akan menentukan kualitas kompetensi yang akan diperoleh.
c.       Status Akreditasi
Perguruan tinggi digolongkan menjadi dua yaitu negeri dan swasta. Sedangkan status akreditasi untuk program studi/jurusan yang sifatnya berjenjang berdasarkan hasil evaluasi terhadap program studi yang diberikan oleh badan Akreditasi Nasional.
d.      Fasilitas pendidikan
Fasilitas pendidikan merupakan faktor yang penting dalam mendukung keberhasilan menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi.
e.       Prospek Lulusan
Lulusan yang berkualitas dan diterima di masyarakat/perusahaan/instansi merupakan suatu kriteria yang perlu dipertimbangkan dalam memilih perguruan tinggi.
f.       Biaya
Biaya yang dikeluarkan relatif sesuai dengan kualitas dan fasilits pembelajaran yang diberikan oleh perguruan tinggi. Juga harus sesuai dengan kemampuan keuangan calon mahasiswa.


Refleksi
1. Ada berapa bentuk-bentuk perguruan tinggi yang kalian ketahui?
2. Bagaimana cara menentukan perguruan tinggi yang baik (berkualitas)?

Sumber :http://riosanginspirator.blogspot.com/2011/01/mau-sukses-jangan-kuliah-di-perguruan.html

date Selasa, 15 Mei 2012

0 komentar to “ ”

Leave a Reply: